Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
aku adalah anak yang dilahirkan untuk mengubah dunia dan aku akan membentuk paradigma baru....

Rabu, 08 Februari 2012

Kesimpulan dari mentoring Agama


KESELAMATAN

Seharusnya respon saya terhadap Kristus adalah saya percaya, mengaku dan berpengharapan kepada Yesus sebagai satu-satunya jalan menuju keselamatan. Allah telah memberikan rahmat secara gratis. Melalui pengorbanan darah Yesus, manusia yang berdosa diperdamaikan dengan Allah. Kekudusan Allah yang tidak dapat diperstukan dengan manusia kini sudah dipersatukan oleh Terang Kristus. Pada dasarnya dosa manusia itu sendirlah  yang membuat jurang yang dalam diantara manusia dan Allah.
Bila dibandingkan dengan orang yang mempercayai hanya sekedar tahu namun tidak melakukannya dalam hidup mereka maka seharunya kita sabagai manusia menyikapi Kristus dengan mempercayainya secara total, tidak stengah-setengah. Karena pada hakikatnya Allah adalah roh yang tidak dapat dipersatukan dengan cacat cela.
Selain  itu kebaikan yang kita lakukan adalah sia-sia ketika kita tidak menerima Kristus sebagai juru selamat. Hukum taurat yang ada tidaklah relevan dalam kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang dapat melakukan seluruh hukum taurat dengan sempurna. Itu dikarenakan bahwa hukum taurat dibuat bukan untuk menyelamatkan namun untuk memperkenalkan manusia akan dosa itu sendiri. Agar manusia memiliki batasan dalam bertindak. Bukan kebaikan ataupun melakukan hukum taurat yang membenarkan kita namun Allah sendiri yan oleh kasihnya memberikan anaknya Yesus Kristus sebagai juru selamat yang membenarkan kita.
Saya sadari, satu hal yang menghambat pertumbuhan saya saat ini adalah dosa. Berkat Tuhan yang seharusnya mengalir kepada kita dapat berubah arah karena kesalahan kita. Hanya satu hal yang dapt dilakukan yaitu dengan mengkui segala kesalahan dan bertobat.

GAMBAR DIRI

Dalam hidup Allah memiliki kedaulatan dalam kehidupan kita. Dimulai dari manusia dikandung dalam rahim ibunya Allah turut bekerja dan merancangkan kehidupan kita. Lebih jauh dari pada itu sebelum manusia dikandung Allah sudah mengenal kita dan mengerti akan kita. Karena itu proses pembentukan janin sampai lahirnya seorang manusia adalah sebuah bukti kedaulatan Allah dalm kehidupan kita.
Manusia tidak dapat memilih tempat atau pada rahim mana dia akan dikandung. Bahkan tempat lahir, waktu dan dari latar belakang keluarga seperti apa dia lahir. Semua itu harus kita mengerti sebagai kedaulatan Alah dalam hidup kita.
Dari sebuah proses yang panjang tersebut akan terbentuk sebuah karakter dan jati diri yang akan menjadi gambar diri kita. Gambar diri tersebut dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman. Tuhan juga membentuk gambar diri manusia. Karena itu mengenal gambar diri masing-masing menjadi penting. Dimana kita dapat bersyukur akan apa yang ada pada kita sekarang dan mengembangkan diri. Sesuai dengan pepatah ”tak kenal maka tak sayang”, kitapun harus mengenal diri kita agar kita sayang terhadap diri kita dan menghargai pencipta kita yaitu Tuhan.
Banyak yang merusak gambar diri manusia salah satunya adalah kecintaan akan dunia ini. Banayak manusia mencari dan menyayangi dunia ini lebih dari pada dirinya bahkan Tuhan. Namun Allah tetap peduli dengan kita manusia.
Respon kita seharusnya sebagai anak Tuhan adalah mengakui kelemahan kita serta berdoa agak kita disempurnakan dalam Kristus.


TUJUAN ALLAH
Berita keselamatan telah diberitakan oleh Allah, dikarenakan begitu besar kasih karuniaNya. Sebelum kita lahir keselamatan dan masa depan kita sudah lebih dahulu dipersiapkan Tuhan. Tuhan membentuk karakter dan gambar diri manusia.
Sebagai manusia yang diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Allah sudah patutnya kita memancarkan gambar diri yang baik. Setiap kejadian serta perkara dalam kehidupan ini merupakan suatu proses. Kita harus mengakui kedaulatan Allah dalam hidup kita. Kedaulatan yang kekal sampai selama-lamanya.
Segala bentuk kelebihan yang ada pada kita seharusnya digunakan untuk memberi berkat kepada orang lain. Sedangkan kekurangan yang ada kita terima, akui dan syukuri kemudiaan meminta Allah untuk menyempurnakan kita dalam Kristus Yesus.
Dunia dan segala isiNya dapat merusak Gambar Diri kita. Namun jangan takut Tuhan akan tetap peduli terhadap kita manusia. Tugas kita sekarang memberitakan berita keselamatan yang dibawa oleh Yesus.
Daftar Pustaka

Alkitab
http://blogs.unpad.ac.id/teguhw/

Kampung Karo, Kelapa Sawit, Eksistensi Kalak Karo i Taneh Perantauan


Kampung Karo, Kelapa Sawit, Eksistensi Kalak Karo i Taneh Perantauan


Sejak dulu bertani merupakan pekerjaan mayoritas yang di lakoni orang-orang suku Karo. Keadaan geografis serta keadaan tanah yang cukup subur menjadikan sebagian besar warga Karo berprofesi menjadi petani.Letak geografisnya yang berada di pegunungan atau dataran tinggi ikut mendukung ketersediaan air bersih dan kondisi lingkungan yang stabil. Mulai dari tanaman palawija, padi, rempah-rempah, markisa, jeruk menjadi komoditas utama. Namun berawal dari bertambahnya jumlah penduduk tanah Karo, hal ini kemudian  menjadi masalah ketika lahan yang digarap tetap, kebutuhan akan lahan untuk tempat tinggal meningkat, serta banyak hama yang menyerang tanaman petani. Oleh karena itu banyak orang Karo yang merantau keluar untuk bekerja atau mencari lahan untuk bertani.
Sekitar tahun 1980an diawali oleh beberapa orang Karo yang bekerja di PTPN IV dimulailah perantauan muda-mudi Karo yang pindah dan membuka lahan baru di daerah provinsi Riau khususnya Kabupaten Siak. Pada mulanya mayoritas lahan di riau adalah hutan yang cukup lebat di sertai rawa yang cukup luas karena letaknya di dataran rendah. Memang di awali dengan cara yang salah yaitu dengan melakukan penebangan liar atau membakar hutan untuk membuka lahan. Namun hal itu sudah tidak bisa kita ubah karena sebagian besar lahan di provinsi riau sudah berubah menjadi perkebunan-perkebunan kelapa sawit.
Di Desa Dayun misalnya, pada masa tahun 1990an didesa ini hanya terdapat beberapa keluarga Karo dan beberapa keluarga Melayu yang merantau untuk ikut menggarap lahan kelapa awit. Saat itu harga komoditas kelapa sawit hanya berkisar Rp300an per kilonya dan harga tanah per hektarepun terbilang sangat murah. Pada kondisi ini penerangan yang dipakai hanyalah berasal dari lampu teplok.
Seiring berjalannya waktu sekitar tahun 2005 harga komoditas kelapa sawit meningkat hingga menembus harga Rp 1000 per kilogramnya. Saat itulah merupakan momentum kedatangan banyak pendatang yang ingin menanamkan modalnya dan meraih untung dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Namun eksistensi orang-orang Karo tidak redup namun semakin terlihat dengan adanya kampung Karo di desa Dayun kecamatan Dayun kabupaten Siak. Sebuah daerah dimana seluruh penduduk didaerah tersebut adalah orang- orang Karo. Dengan mencari “kade-kade” sebagai orang dengan suku Karo akan dapat dengan mudah mendapatkan tempat dikampung itu dan memulai perjuangan. Saat ini masih banyak kesempatan untuk orang-orang Karo yang ingin mengadu nasib di Riau. Eksistensi orang Karo terbukti dengan mekarnya Klasis GBKP Riau-Sumbar.
(Zimmy P S)



Teknik Geologi Unpad

 Teknik Geologi Unpad

Universitas Padjadjaran, salah satu universitas yang ada di Indonesia. Keberadaan Universitas ini telah banyak berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.
Dibidang Energi Universitas Padjadjaran juga mengambil bagian melalui Geologi Unpad







SEJARAH
Berdiri pada tahun 1959 sebagai Jurusan Geologi di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Unpad dengan pendiri utama Mayor Jendral (Purn) Prof. Dr. Moestopo dan Drs. Koesmono. Kegiatan resmi dimulai tanggal 17 November 1959 dengan mahasiswa berjumlah 17 orang.
Jurusan Teknik Geologi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Teknik Geologi berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 2607/J06/Kep/Kp/2007 tanggal 12 Desember 2007. Sampai kini, Fakultas Teknik Geologi telah mendapat kepercayaan dan pengakuan cukup tinggi dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa dan jumlah lulusan yang terus meningkat setiap tahunnya.

 Fasilitas

Gedung Fakultas dalam lingkungan Kampus Unpad Jatinangor
 Dalam waktu dekat, akan dibangun 3 gedung baru berlantai 3 di Jatinangor.
Saat ini terdapat 10 bidang kajian pengembangan riset yang bernaung
di bawah 10 laboratorium yaitu:
1. Bidang Geokimia dan Geothermal
2. Bidang Geologi Dinamik
3. Bidang Geofisika
4. Bidang Paleontologi
5. Bidang Petrologi dan Mineralogi
6. Bidang Sedimentologi dan Geologi Struktur
7. Bidang Geologi Teknik
8. Bidang Hidrogeologi dan geologi Lingkungan
9. Bidang Stratigrafi
10. Bidang Geomorfologi dan Remote Sensing
Perpustakaan


Mengapa memilih Teknik Geologi Unpad ?
Salah satu Teknik Geologi terbaik di Indonesia

52 tahun menghasilkan tenaga ahli dalam bidang energi dan sumber daya mineral yang telah memberikan sumbangsih untuk Indonesia

Memiliki Student Chapter
*SEG
*AAPG


Pernikahan Karo Penuh Perencanaan


                                       Pernikahan Karo Penuh Perencanaan


 
(zimmy p s)
Dalam masyarakat karo terdapat ciri khas yang menjadi utama yaitu: Rakut Sitelu, Merga Silima, Tutur Siwaluh. Rakut Siteu terdiri dari Senina, Kalimbubu, Anak beru. Merga silima terdiri dari Karo-karo, Ginting, Perangin-angin, Sembiring, dan Tarigan, sedangkanTutur Siwaluh adalah sembuyak, senina, Senina sipemeren, Senina siparibanen, Anak beru, Anak beru menteri, Kalimbubu dan Puang kalimbubu
Ciri khas ini memberikan pengaruh terhadap kehidupan  muda-mudi Karo dalam pergaulannya. Khususnya dalam menjalin hubungan Cinta Kasih. Pada dasarnya hubungan cinta kasih tidak dapat di ganggu gugat karena itu adalah hak pribadi seseorang ketika ia mencintai dan mengasihi seseorang , namun ini berbeda ketika berbicara dalam adat istiadat Karo.
Dalam adat Karo terdapat peraturan-peraturan yang didapat dan dibuat dari sebuah pengalaman dimasa lampau serta perjanjian-perjanjian antara keluarga serta perjanjian antar kampung, dan peraturan dalam kampung masing-masing.
                Misalnya seseorang pria yang bermarga Ginting tidak dapat menikah dengan seseorang wanita yang berberu Ginting ataupun sebaliknya. Ataupun pria yang bermarga Karo-karo tidak dapat menikah dengan wanita yang berberu Karo juga mereka disebut erturang. Ada lagi keadaan dimana seorang pria dan wanita yang memiliki bere(beru nande) yang sama ataupun sebaliknya tidak dapat menikah(dalam situasi berbeda dapat menikah). Namun dalam suatu kampung yang lain Seseorang pria yang bermarga Sembiring atau Perangin-angin dapat menikah dengan seseorang yang berberu Sembiring atau Perangin-angin ataupun sebaliknya asalkan mereka tidak memiliki submerga yang sama misalnya seorang pria yang bermarga Sembiring Depari dengan seorang wanita yang berberu Sembiring Meliala ataupun sebaliknya namun hal ini dapat tak berlaku di kampung lain. Masih banyak peraturan serupa yang ada di desa masing-masing. Seiring perkembangan zaman peraturan-peraturan tersebut mulai terkikis namun masih tetap memiliki peranan penting dalam pernikahan Karo.
                Untuk muda-mudi Karo, tak ada salahnya memang ketika kita mencintai dan menyayangi seseorang lawan jenis kita. Jadikan peraturan adat kita sebagai orang karo ini sebagai pedoman bukan batasan karena adat istiadat itu didapatkan oleh leluhur kita untuk mendatangkan kebaikan. Mulai sekarang lakukan perencanaan.Bila sudah terlanjur memiliki pasangan coba tanyakan kepada orang tua kita apakah dalam adat tidak ada yang kita langgar. Sehingga dalam pelaksanaan pesta adat dapat berjalan dengan baik.  Semoga menemukan kalak Karo yang terbaik yaa.
Sumber referensi:
hiburan.kompasiana.com
Tabloid Sora Mido tahun ke xvii edisi april 2011
http://sayagracekarosekali.blogspot.com/2011/06/its-all-about-karo.html